Tema : Bebalahan
Sub Tema : 1. Memperkenalkan diri di sekolah (monolog/ bercerita)
2. memperkenalkan kerabat di rumah(monolog bercerita)
3. saling berkenalan (dialog/percakapan)
Alokasi : 1TM (1 JP @ 40 menit)
A. Kompetensi
Inti
7.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
7.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
7.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya daerah Lampung
terkait fenomena dan kejadian tampak mata
7.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dengan bahasa dan aksara Lampung dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
7.3 1 Mengidentifikasi, menelaah dan memahami teks bubalahan
sesuai dengan kaidah- kaidahnya
7.4.1 Menyusun dan memperagakan teks bubalahan sesuai dengan kaidah- kaidahnyasecara lisan dan tulisan
C. Indikator
Pertemuan 1
Sub Tema I
7.3.1.1 menyebut kosa kata untuk identitas
diri sendiri di sekolah
7.3.1.2 menyebutkan kata ganti dan kosa kata sesuai
konteks di sekolah
7.4.1. 1 menggunakan kosakata untuk
memperkenalkan diri sesuai konteks di sekolah
Pertemuan 2
Sub Tema II
7.3.1.1 menyebutkan kosa kata kekerabatan
sesuai konteks
7.3.1.2 menyebutkan kata ganti sesuai konteks
7.4.1. 1 menggunakan kosakata kekerabatan untuk
memperkenalkan keluarga sesuai konteks
Pertemuan 3
Sub Tema III
7.3.1.1 menyebutkan kosa kata untuk kontek
diri sendiri sesuai konteks
7.3.1.2 menyebutkan kata tanya sesuai konteks
7.4.1.1 menggunakan kosakata untuk
memperkenalkan diri sesuai dan kata tanya aeauai konteks
D. Tujuan Pembelajaran
Selesai pembelajaran siswa mampu menggunakan
kosakata konteks identitas diri sendiri, kata ganti, kosakata kekerabatan dan
menggunakan kata tanya untuk interaksi berkenalan dengan orang lain baik di
rumah, di sekolah mau pun di lingkungan masyarakat
E. Materi pembelajaran
Pertemuan 1:
(teks perkenalan identitas diri di sekolah) terlampir
Pertemua II:
(teks memperkenal keluarga baik di sekolah, di rumah mau pun di
lingkungan
masyarakat) terlampir
Pertemuan III:
(teks percakapan 2 orang atau lebih) terlampir
F. Pendekatan/ Strategi/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
2. Metode :
tanya jawab, diskusi
3. Model :
bercerita, bermain peran
G. Media/Alat/Sumber Belajar
1. media : kartu teks,
laptop/computer/LCD
2. Alat dan
bahan :
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
1
|
Kartu dari kertas lipat 4 warna
|
4x(jumlah siswa/4)
|
2
|
Foto/gambar keluarga
|
4/jumlah siswa
|
3
|
Teks kata ganti, identitas diri, teks
kekerabatan, daftar kata tanya
|
|
3. Sumber Belajar
- Buku Hamggum Bubahasa Lampung SMP KeLas
7 halaman 8 sampai 12 (teks direvisi)
- LKS halam 5 s.d 11 ( teks direvisi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar