Minggu, 01 September 2019

Kelas 8 - Selasa, 03 September 2019



 Bab 2

Tema "Lamban pok tinggal (lamban balak & nuwou lepuk)

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Langkah-langkah
Model Discovery
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
-   siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
-   perwakilan siswa nyiapko di lom bahasa lampung atau mimpin du’a
-   nyappaiko tujuan pembelajaran
memusatkan perhatian siswa
-  guru nayangko  gambar atau video tentang Lamban Pok Tinggal ( Lamban Balak)

Kegiatan Inti
Identifikasi teks dan pembahasan






























Observasi












Menanya











Mengumpulkan data















Mengasosiasi data/ menalar



















Mengomunikasi












Reward


-   menyampaikan skenario /langkah-langkah pembelajaran
SKENARIO 1.
Ngebentuk kelompok sai anggotani campughan, siswa ngebaca wacana sai ghadu disiapko ulih guru secara kelompok/individu, menanyakan isi wacana, siswa saling ngejelasko isi wacana dilom kelompok, siswa menerjemahkan wacana, siswa latihan ngejelasko isi jak wacana, dan  presentasi unggal kelompok.


SKENARIO 2

Ngebentuk kelompok sai anggotani campughan, siswa ngebaca wacana sai ghadu disiapko ulih guru secara kelompok/individu, menanyakan isi wacana, siswa saling ngejelasko isi wacana dilom kelompok, siswa menerjemahkan wacana, siswa latihan ngejelasko isi jak wacana, dan  presentasi unggal kelompok.


-  siswa menjawab pertanyan yang berkaitan dengan materi untuk membangun pemahaman
-  pendidik menjelaskan secara singkat berkaitan dengan materi
-  setelah menjawab pertanyaan, peserta didik menyimak salah satu siswa membacakan wacana.
-  peserta didik mencermati hal-hal yang menarik.



-  Siswa dengan bimbingan pendidik bertanya jawab tentang lamban balak yang terdapat pada wacana.
-  Peserta didik bertanya jawab tentang isi yang terdapat dalam wacana.
-   siswa menguraikan arti dari istilah sai tedapok dilom wacana
-  siswa menjelaskan makna sai wat dilom wacana


-  Dengan dipandu oleh pendidik, peserta didik memberikan komentar terhadap berbagaiisi /informasi yang terdapat dalam wacana.
-  siswa berdiskusi untuk mendata istilah “ sulit “ yang terdapat dalam wacana.
-  Dalam kelompok siswa membaca sumber-sumber lain untuk menambah pemahaman tentang makna kata atau istilah “ sulit” yang terdapat dalam wacana.



-  Dengan dipandu oleh pendidik , siswa bersama kelompok mengaitkan isi wacana yang dibaca dengan kehidupan nyata.

-  Siswa bersamakelompok mencari cotoh dalam kehidupan sehari-hari.

-  Siswa menemukan makna kata  dan informasi lain( bentuk rumah lama dan bagian-bagian lamban balak dll) yang terdapat dalam wacana.

-  Siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tentang lamban balak



-  Peserta didik bersama kelompoknya dalam diskusi kelas mempresentasikan tentang  lamban balak.
-  Dalam diskusi kelompok/ kelas, siswa menjelaskan dan memberi contoh keterkaitan isi wacana jama kehughikko nyata.
-  Dengan dipandu pendidik,peserta didik menyusun simpulan hasil diskusi kelas tentang lamban balak

-  memberikan pujian dan penghargaan pada kelompok terbaik.


Kegiatan Penutup

-     Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung
-     Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
-     Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada siswa.



I.Penilaian
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes unjuk kerja/penampilan
Tes penilaian penampilan
Tes tertulis
Tes pilihan ganda dan uraian

2. Instrument
            a. Lembar pengamatan sikap
            1. Perilaku ilmiah
Nama siswa     :           ……………………………………………………………..
Nomor absen   :           ……………………………………………………………..
Kelas                :           ……………………………………………………………..
No.
ASPEK SIKAP
HASIL PENGAMATAN
Sering Terlihat
Terlihat
Kurang Terlihat
Tidak Terlihat
4
3
2
1
1.
Disiplin

-Hadir tepat waktu




-Mengumpulkan tugas tepat waktu




2.
Sopan santun




-memberi salam, menyapa dengan santun dengan bahsa lampung




3.
Kerjasama


-Aktif dalam kelompok





-Diskusi dengan teman




4.
Kritis


-Spontan Bertanya





-Aktif bertanya




5.
Rasa ingin tahu

-  Selalu bertanya




-Antusias dalam kegiatan kelompok





JUMLAH





b.   Penilaian  Penampilan Ketrampilan Membaca Karya Sastra
Topik                             : 1. Lamban balak
                                                  2. Nowou Lepuk

KI        8.1.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dengan bahasa dan aksara Lampung dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KD.     8.4.1  Mengungkapkan dan menjelaskan informasi pada teks wacana deskripsi lamban balak dengan benar secara lisan dan tulisan.
Indicator        :
1. 8.4.2.1 Menjelaskan tentang lamban balak jama ngegunako bahasa Lappung.
Rubrik 1
 Nama Kelompok      :
 Kelas                         :
No
Aspek
Skor
Skor siswa
1
Kelengkapan isi
-          Lengkap
-          Kurang lengkap
-          Tidak lengkap

2
1
0

2
Pelafalan
-          Tekanan ucapan baku
-          Ucapan selalu dapat dipahami
-          Melafalkan dengan sulit, agak susah dipahami
-          Ucapan sangat susah dipahami
-          Bicaranya benar-benar tidak bisa dipahami

4
3

2
1
0

3
Pilihan Kata
-          Sangat tepat
-          Kurang tepat
-          Tidak tepat

3
2
1

4
Kelancaran Pengungkapan
-          Lancar sekali
-          Lancar
-          Kurang lancar

3
2
1

5
Penampilan
-          Keberanian tinggi,semangat, ekspresi tepat.
-          Keberanian tinggi, semangat, ekspresi kurang tepat.
-           Keberanian, semangat,dan ekspresi kurang


3
2

1


Skor Maksimal
17

                Skor maksimal
                                                               
                           Skor maksimal= _Skor yang diperoleh_____ x 100
                                                                Skor Maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 08 Juni 2021 - Kelas 7 & 8

  ASSALAMUALAIKUM Wr Wb   Mata Pelajaran : Bahasa Lampung   Nama saya Enny Afni   hari ini Selasa 08 Mei 2021 Selamat pagi an...