Bab 2
Tema "Lamban pok tinggal (lamban balak & nuwou lepuk)
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
- siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
- perwakilan siswa nyiapko di lom bahasa lampung atau
mimpin du’a
- nyappaiko tujuan pembelajaran
memusatkan perhatian siswa
- guru nayangko
gambar atau video tentang Lamban Pok Tinggal ( Lamban Balak)
|
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasi teks dan pembahasan
Observasi
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi data/ menalar
Mengomunikasi
Reward
|
- menyampaikan skenario /langkah-langkah pembelajaran
SKENARIO 1.
Ngebentuk kelompok sai
anggotani campughan, siswa ngebaca wacana sai ghadu disiapko ulih guru secara
kelompok/individu, menanyakan isi wacana, siswa saling ngejelasko isi wacana
dilom kelompok, siswa menerjemahkan wacana, siswa latihan ngejelasko isi jak
wacana, dan presentasi unggal
kelompok.
SKENARIO 2
Ngebentuk kelompok sai anggotani campughan,
siswa ngebaca wacana sai ghadu disiapko ulih guru secara kelompok/individu,
menanyakan isi wacana, siswa saling ngejelasko isi wacana dilom kelompok,
siswa menerjemahkan wacana, siswa latihan ngejelasko isi jak wacana, dan presentasi unggal kelompok.
- siswa menjawab pertanyan yang berkaitan dengan materi
untuk membangun pemahaman
- pendidik menjelaskan secara singkat berkaitan dengan
materi
- setelah menjawab pertanyaan, peserta didik menyimak
salah satu siswa membacakan wacana.
- peserta didik mencermati hal-hal yang menarik.
- Siswa dengan bimbingan pendidik bertanya jawab tentang
lamban balak yang terdapat pada wacana.
- Peserta didik bertanya jawab tentang isi yang terdapat
dalam wacana.
- siswa menguraikan
arti dari istilah sai tedapok dilom wacana
- siswa menjelaskan makna sai wat dilom wacana
- Dengan dipandu oleh pendidik, peserta didik memberikan komentar
terhadap berbagaiisi /informasi yang terdapat dalam wacana.
- siswa berdiskusi untuk mendata istilah “ sulit “ yang
terdapat dalam wacana.
- Dalam kelompok siswa membaca sumber-sumber lain untuk
menambah pemahaman tentang makna kata atau istilah “ sulit” yang terdapat
dalam wacana.
- Dengan dipandu oleh pendidik , siswa bersama kelompok
mengaitkan isi wacana yang dibaca dengan kehidupan nyata.
- Siswa bersamakelompok mencari cotoh dalam kehidupan
sehari-hari.
- Siswa menemukan makna kata dan informasi lain( bentuk rumah lama dan
bagian-bagian lamban balak dll) yang terdapat dalam wacana.
- Siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tentang lamban
balak
- Peserta didik bersama kelompoknya dalam diskusi kelas
mempresentasikan tentang lamban balak.
- Dalam diskusi kelompok/ kelas, siswa menjelaskan dan
memberi contoh keterkaitan isi wacana jama kehughikko nyata.
- Dengan dipandu pendidik,peserta didik menyusun simpulan
hasil diskusi kelas tentang lamban balak
- memberikan pujian dan penghargaan pada kelompok
terbaik.
|
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan
pembelajaran yang baru berlangsung
- Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur
ketercapaian pembelajaran
- Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi
kepada siswa.
|
I.Penilaian
1. Metode dan
Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
instrumen
|
Sikap
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes unjuk kerja/penampilan
|
Tes penilaian penampilan
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda dan uraian
|
2. Instrument
a.
Lembar pengamatan sikap
1. Perilaku ilmiah
Nama siswa : ……………………………………………………………..
Nomor absen : ……………………………………………………………..
Kelas : ……………………………………………………………..
No.
|
ASPEK SIKAP
|
HASIL PENGAMATAN
|
|||
Sering Terlihat
|
Terlihat
|
Kurang Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Disiplin
|
||||
-Hadir tepat waktu
|
|||||
-Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|||||
2.
|
Sopan santun
|
||||
-memberi salam, menyapa dengan santun dengan bahsa
lampung
|
|||||
3.
|
Kerjasama
|
||||
-Aktif dalam kelompok
|
|||||
-Diskusi dengan teman
|
|||||
4.
|
Kritis
|
||||
-Spontan Bertanya
|
|||||
-Aktif bertanya
|
|||||
5.
|
Rasa ingin tahu
|
||||
-
Selalu bertanya
|
|||||
-Antusias dalam kegiatan kelompok
|
|||||
JUMLAH
|
b.
Penilaian
Penampilan Ketrampilan Membaca Karya Sastra
Topik : 1. Lamban
balak
2. Nowou Lepuk
KI 8.1.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dengan bahasa dan aksara Lampung dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KD. 8.4.1 Mengungkapkan dan menjelaskan informasi pada
teks wacana deskripsi lamban balak dengan benar secara lisan dan tulisan.
Indicator :
1. 8.4.2.1 Menjelaskan tentang lamban balak jama ngegunako
bahasa Lappung.
Rubrik 1
Nama Kelompok :
Kelas :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Skor siswa
|
1
|
Kelengkapan isi
-
Lengkap
-
Kurang
lengkap
-
Tidak
lengkap
|
2
1
0
|
|
2
|
Pelafalan
-
Tekanan
ucapan baku
-
Ucapan
selalu dapat dipahami
-
Melafalkan
dengan sulit, agak susah dipahami
-
Ucapan
sangat susah dipahami
-
Bicaranya
benar-benar tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
0
|
|
3
|
Pilihan Kata
-
Sangat
tepat
-
Kurang
tepat
-
Tidak
tepat
|
3
2
1
|
|
4
|
Kelancaran Pengungkapan
-
Lancar
sekali
-
Lancar
-
Kurang
lancar
|
3
2
1
|
|
5
|
Penampilan
-
Keberanian
tinggi,semangat, ekspresi tepat.
-
Keberanian
tinggi, semangat, ekspresi kurang tepat.
-
Keberanian,
semangat,dan ekspresi kurang
|
3
2
1
|
|
Skor Maksimal
|
17
|
Skor
maksimal
Skor maksimal= _Skor
yang diperoleh_____ x 100
Skor
Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar