BAB 2 TEMA "Memidoghan"
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model
Discovery
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
MenciptakanSituasi (Stimulasi)
|
- siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
- perwakilan siswa nyiapko di
lom bahasalampung atau mimpin du’a
memusatkan perhatian siswa
- guru nayangko pantun teka-teki
- guru nyampaiko tujuan pembelajaran
|
3 menit
2 menit
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasiteksdanpembahasan
Observasi
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi data/ menalar
Mengomunikasi
Reward
|
- menyampaikan scenario
/langkah-langkah pembelajaran
(secara kelompok, membaca teks sesikun)
- Mengidentifikasi contoh teteduhan
- mengidentifikasi kaidah-kaidah dalam membuat
teteduhan/saganing
- siswa menanyakan kata kata sulit
dalam teks teteduhan/saganing
-
- secara berkelompok siswa mengumpulkan
contoh-contoh teteduhan/saganing
- secara berkelompok siswa menentukan struktur, isi dan
manfaatteteduhan/ saganing
- kelompok menyampaikan hasil diskusi
Guru memintasiswauntukmemberikanapplauskepadakelompok yang sudahtampildanmemberikanucapanterimakasihatashasilpengamatan
yang sangatbaik.
- guru ngiluperwakilankelompoksai baghih ngeni tanggapan anjak
tampilan kelompok sai ghadu maju
|
5 menit
10 menit
10 menit
5menit
15 menit
10 menit
25menit
10menit
|
KegiatanPenutup
|
- guru dansiswamereviewhasilpembelajaran
- guru
memberikanpujianatauaplusuntukpenampilan proses pembelajaran
- guru dan siswa menyimpulkan teteduhan/
saganing
- pemberiantugasuntuk mencari/ membuat contoh teteduhan/
denganmenggunakan bahasa Lampung secara individu
|
1 menit
1 menit
3 menit
2x 20 menit
|
I.Penilaian
1.
MetodedanBentukInstrumen
Metode
|
Bentukinstrumen
|
Sikap
|
Lembarpengamatansikapdanrubrik
|
Tesunjukkerja/penampilan
|
Tespenilaianpenampilan
|
Testertulis
|
Tesuraian
|
2. Instrument
a.
Lembarpengamatansikap
1. Perilakuilmiah
Namasiswa : ……………………………………………………………..
Nomorabsen : ……………………………………………………………..
Kelas : ……………………………………………………………..
No.
|
ASPEK
SIKAP
|
HASIL
PENGAMATAN
|
|||
SeringTerlihat
|
Terlihat
|
KurangTerlihat
|
TidakTerlihat
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Disiplin
|
||||
-Hadirtepatwaktu
|
|||||
-Mengumpulkantugastepatwaktu
|
|||||
2.
|
Sopansantun
|
||||
-memberisalam,
menyapadengansantundenganbahsalampung
|
|||||
3.
|
Kerjasama
|
||||
-Aktifdalamkelompok
|
|||||
-Diskusidenganteman
|
|||||
4.
|
Kritis
|
||||
-SpontanBertanya
|
|||||
-Aktifbertanya
|
|||||
5.
|
Rasa ingintahu
|
||||
- Selalubertanya
|
|||||
-Antusiasdalamkegiatankelompok
|
|||||
JUMLAH
|
b. Penilaian
Topik :
1.
Menyebutkan struktur, isi dan manfaat teteduhan/saganing
2.
Meyusun teteduhan/saganing dengan kata benda atau kata
kerja.
3.
Memperagakan sesikun/
teteduhan/ saganing
KI 7.4 Mencoba,
mengolah, danmenyajidenganbahasadanaksara Lampung dalamranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan
ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudut
pandang/teori
KD 7.4.3Mengungkapkan dan menanggapi
teks memidoghan (teteduhan/saganing) sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.
Indikator :
Menyebutkan struktur,
isi dan manfaat teteduhan/saganing
Lembar Pengamatan
|
Dst sejumlah siswa
(terlampir)
Rubrik
No
|
Keterampilan
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Persiapan
|
30
|
-
Membawabukucetaksiswa
-
Membawakamusbahasalampung
-
Membawabukutulisdanmencatatsesuaimateri
yang bersangkutan
-
Mencaricontoh teteduhan/saganingdenganbahasa Lampung
-
Menyampaikansalampembuka
|
2
|
Pelaksanaan
|
50
|
-
Membacateks teteduhan/saganingdengancermat
-
Menulis
kata-kata sulitdari teks teteduhan/saganing
-
Menemukan kata benda dan kata kerja dalam teks teteduhan/saganing
-
Menemukan struktur, isi dan manfaatteteduhan/saganing
-
Menuliskan contoh teteduhan/saganingdengan
bahasa Lampung
|
3
|
Penutup
|
20
|
-
Mempresentasekanhasilkerja
-
Memberikansalampenutup
|
a. Tes uraian
Pertemuan 1
Petunjuk : Seghadu ngebaca teks teteduhan siswa ngejawab soal uraian berikut
A. Soal
1. Sebutko istilah teka-teki sai wat delom masyarakat
Lampung !
2. Gohpa cagha ngeguai teteduhan/ saganing?
3. Gohpa bentukni sesikun/
teteduhan/ saganing?
4. Api manfaat main sesikun/
teteduhan/ saganing?
B. KunciJawaban
Diserahkan pada guru
C. BobotNilai
No
|
Nama
|
Jawabanbenar 90-100%
|
Jawabanbenar 70-80%
|
Jawabanbenar 50-60%
|
Jawabanbenar 10-40%
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
|||||
Dst sejumlah siswa
Indikator :
Meyebutkan jawaban dan
pernyataan teka-teki dengan kata benda dan kata kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar