Minggu, 01 September 2019

Kelas 7-Senin, 02 September 2019


BAB 2 TEMA "Memidoghan"

Kegiatan Pembelajaran
 
Pertemuan 1

Kegiatan
Langkah-langkah
Model Discovery
DeskripsiKegiatan

AlokasiWaktu
Pendahuluan
MenciptakanSituasi (Stimulasi)
-   siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
-   perwakilan siswa nyiapko di lom bahasalampung atau  mimpin  du’a
memusatkan perhatian siswa
-  guru nayangko pantun teka-teki
-  guru nyampaiko tujuan pembelajaran

3 menit




2 menit





Kegiatan Inti
Identifikasiteksdanpembahasan



Observasi





Menanya


Mengumpulkan data




Mengasosiasi data/ menalar



Mengomunikasi



Reward


-   menyampaikan scenario /langkah-langkah pembelajaran
(secara kelompok, membaca teks sesikun)

-  Mengidentifikasi contoh teteduhan

-  mengidentifikasi kaidah-kaidah dalam membuat teteduhan/saganing

-  siswa menanyakan kata kata sulit dalam teks teteduhan/saganing
-   


-  secara berkelompok siswa mengumpulkan contoh-contoh teteduhan/saganing


-  secara berkelompok siswa menentukan struktur, isi dan manfaatteteduhan/ saganing


-  kelompok menyampaikan hasil diskusi


Guru memintasiswauntukmemberikanapplauskepadakelompok yang sudahtampildanmemberikanucapanterimakasihatashasilpengamatan yang sangatbaik.
-  guru ngiluperwakilankelompoksai baghih ngeni tanggapan anjak tampilan kelompok sai ghadu maju
5 menit




10 menit


10 menit


5menit


15 menit




10 menit




25menit











10menit



KegiatanPenutup

-     guru dansiswamereviewhasilpembelajaran
-     guru memberikanpujianatauaplusuntukpenampilan proses pembelajaran
-     guru dan siswa menyimpulkan teteduhan/ saganing
-     pemberiantugasuntuk mencari/ membuat contoh teteduhan/ denganmenggunakan bahasa Lampung secara individu
1 menit

1 menit


3 menit

2x 20 menit






I.Penilaian
1. MetodedanBentukInstrumen
Metode
Bentukinstrumen
Sikap
Lembarpengamatansikapdanrubrik
Tesunjukkerja/penampilan
Tespenilaianpenampilan
Testertulis
Tesuraian


2. Instrument
            a. Lembarpengamatansikap
            1. Perilakuilmiah
Namasiswa       :           ……………………………………………………………..
Nomorabsen     :           ……………………………………………………………..
Kelas                 :           ……………………………………………………………..
No.
ASPEK SIKAP
HASIL PENGAMATAN
SeringTerlihat
Terlihat
KurangTerlihat
TidakTerlihat
4
3
2
1
1.
Disiplin

-Hadirtepatwaktu




-Mengumpulkantugastepatwaktu




2.
Sopansantun




-memberisalam, menyapadengansantundenganbahsalampung




3.
Kerjasama


-Aktifdalamkelompok





-Diskusidenganteman




4.
Kritis


-SpontanBertanya





-Aktifbertanya




5.
Rasa ingintahu

-  Selalubertanya




-Antusiasdalamkegiatankelompok





JUMLAH





b.      Penilaian
Topik                                      :
1.      Menyebutkan struktur, isi dan manfaat teteduhan/saganing
2.      Meyusun teteduhan/saganing dengan kata benda atau kata kerja.
3.      Memperagakan sesikun/ teteduhan/ saganing
  
KI                    7.4 Mencoba, mengolah, danmenyajidenganbahasadanaksara Lampung dalamranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan
ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudut
pandang/teori
  
KD    7.4.3Mengungkapkan dan menanggapi teks memidoghan (teteduhan/saganing) sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

Indikator         :

Menyebutkan struktur, isi dan manfaat teteduhan/saganing

Lembar Pengamatan
No
Nama
Selalu melafalkan dengan bahasa Lampung
4
Kadang-kadang menggunakan bahasa Lampung
3
Bahasa lampungnya tercampur dengan bahasa lain
2
Tidak pernah menggunakan bahasa Lampung

1
Jumlah
1.






2.




























Dst  sejumlah siswa (terlampir)
  
Rubrik

No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan
30
-          Membawabukucetaksiswa
-          Membawakamusbahasalampung
-          Membawabukutulisdanmencatatsesuaimateri yang bersangkutan
-          Mencaricontoh teteduhan/saganingdenganbahasa Lampung
-          Menyampaikansalampembuka
2
Pelaksanaan
50
-          Membacateks teteduhan/saganingdengancermat
-          Menulis kata-kata sulitdari teks teteduhan/saganing
-          Menemukan kata benda dan kata kerja dalam teks teteduhan/saganing
-          Menemukan struktur, isi dan manfaatteteduhan/saganing
-          Menuliskan contoh teteduhan/saganingdengan bahasa Lampung

3
Penutup
20
-          Mempresentasekanhasilkerja
-          Memberikansalampenutup
    
a.       Tes uraian
Pertemuan 1
Petunjuk          : Seghadu ngebaca teks teteduhan siswa ngejawab soal uraian berikut

A. Soal
            1. Sebutko istilah teka-teki sai wat delom masyarakat Lampung !
            2. Gohpa cagha ngeguai  teteduhan/ saganing?
            3. Gohpa bentukni sesikun/ teteduhan/ saganing?
            4. Api manfaat main sesikun/ teteduhan/ saganing?

B. KunciJawaban
            Diserahkan pada guru

C. BobotNilai
No
Nama
Jawabanbenar 90-100%
Jawabanbenar 70-80%
Jawabanbenar 50-60%
Jawabanbenar 10-40%
A
B
C
D
1























Dst sejumlah siswa


Indikator         :
Meyebutkan jawaban dan pernyataan teka-teki dengan kata benda dan kata kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 08 Juni 2021 - Kelas 7 & 8

  ASSALAMUALAIKUM Wr Wb   Mata Pelajaran : Bahasa Lampung   Nama saya Enny Afni   hari ini Selasa 08 Mei 2021 Selamat pagi an...