TEMA : Lamban
Pertemuan
2
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
- siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
- perwakilan siswa nyiapko di lom bahasa lampung atau
mimpin du’a
- nyappaiko tujuan pembelajaran
memusatkan perhatian siswa
- guru nayangko
gambar atau video nuwuo lepuk
|
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasi teks dan pembahasan
Observasi
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi data/ menalar
Mengomunikasi
Reward
|
- menyampaikan skenario /langkah-langkah pembelajaran
SKENARIO 2
Ngebentuk kelompok sai
anggotani campughan, siswa ngebaca wacana sai ghadu disiapko ulih guru secara
kelompok/individu, menanyakan isi wacana, siswa saling ngejelasko isi wacana
dilom kelompok, siswa menerjemahkan wacana, siswa latihan ngejelasko isi jak
wacana, dan presentasi unggal
kelompok.
- siswa menjawab pertanyan yang berkaitan dengan materi
untuk membangun pemahaman
- pendidik menjelaskan secara singkat berkaitan dengan
materi
- setelah menjawab pertanyaan, peserta didik menyimak
salah satu siswa membacakan wacana.
- peserta didik mencermati hal-hal yang menarik.
- Siswa dengan bimbingan pendidik bertanya jawab tentang
nuwou lepuk yang terdapat pada wacana.
- Peserta didik bertanya jawab tentang isi yang terdapat
dalam wacana.
- siswa menguraikan
arti dari istilah sai tedapok dilom wacana
- siswa menjelaskan makna sai wat dilom wacana
- Dengan dipandu oleh pendidik, peserta didik memberikan
komentar terhadap berbagai isi /informasi yang terdapat dalam wacana.
- siswa berdiskusi untuk mendata istilah “ sulit “ yang
terdapat dalam wacana.
- Dalam kelompok siswa membaca sumber-sumber lain untuk menambah
pemahaman tentang makna kata atau istilah “ sulit” yang terdapat dalam
wacana.
- Dengan dipandu oleh pendidik , siswa bersama kelompok
mengaitkan isi wacana yang dibaca dengan kehidupan nyata.
- Siswa bersama kelompok mencari cotoh dalam kehidupan
sehari-hari.
- Siswa menemukan makna kata dan informasi lain( ukuran nuwou lepuk,
bahan pembuatan nuwou lwpuk dll) yang
terdapat dalam wacana.
- Siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tentang nuwou
lepuk
- Peserta didik bersama kelompoknya dalam diskusi kelas
mempresentasikan nuwou lepuk.
- Dalam diskusi kelompok/ kelas, siswa menjelaskan dan
memberi contoh keterkaitan isi wacana jama kehughikko nyata.
- Dengan dipandu pendidik,peserta didik menyusun simpulan
hasil diskusi kelas tentang nuwou lepuk
- memberikan pujian dan penghargaan pada kelompok
terbaik.
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
- Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan
pembelajaran yang baru berlangsung
- Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur
ketercapaian pembelajaran
- Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi
kepada siswa.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar