Jumat, 06 September 2019

Selasa, 10 September 2019 - Kelas 8

BAB 2 

TEMA : Lamban 



Pertemuan 2

Kegiatan
Langkah-langkah
Model Discovery
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
-   siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
-   perwakilan siswa nyiapko di lom bahasa lampung atau mimpin du’a
-   nyappaiko tujuan pembelajaran
memusatkan perhatian siswa
-  guru nayangko  gambar atau video nuwuo lepuk

Kegiatan Inti
Identifikasi teks dan pembahasan
Observasi













Mengamati













Menanya










Mengumpulkan data















Mengasosiasi data/ menalar


















Mengomunikasi








Reward


-   menyampaikan skenario /langkah-langkah pembelajaran
SKENARIO 2
Ngebentuk kelompok sai anggotani campughan, siswa ngebaca wacana sai ghadu disiapko ulih guru secara kelompok/individu, menanyakan isi wacana, siswa saling ngejelasko isi wacana dilom kelompok, siswa menerjemahkan wacana, siswa latihan ngejelasko isi jak wacana, dan  presentasi unggal kelompok.


-  siswa menjawab pertanyan yang berkaitan dengan materi untuk membangun pemahaman
-  pendidik menjelaskan secara singkat berkaitan dengan materi
-  setelah menjawab pertanyaan, peserta didik menyimak salah satu siswa membacakan wacana.
-  peserta didik mencermati hal-hal yang menarik.


-  Siswa dengan bimbingan pendidik bertanya jawab tentang nuwou lepuk yang terdapat pada wacana.
-  Peserta didik bertanya jawab tentang isi yang terdapat dalam wacana.
-   siswa menguraikan arti dari istilah sai tedapok dilom wacana
-  siswa menjelaskan makna sai wat dilom wacana


-  Dengan dipandu oleh pendidik, peserta didik memberikan komentar terhadap berbagai isi /informasi yang terdapat dalam wacana.
-  siswa berdiskusi untuk mendata istilah “ sulit “ yang terdapat dalam wacana.
-  Dalam kelompok siswa membaca sumber-sumber lain untuk menambah pemahaman tentang makna kata atau istilah “ sulit” yang terdapat dalam wacana.



-  Dengan dipandu oleh pendidik , siswa bersama kelompok mengaitkan isi wacana yang dibaca dengan kehidupan nyata.
-  Siswa bersama kelompok mencari cotoh dalam kehidupan sehari-hari.
-  Siswa menemukan makna kata  dan informasi lain( ukuran nuwou lepuk, bahan pembuatan nuwou lwpuk  dll) yang terdapat dalam wacana.
-  Siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tentang nuwou lepuk


-  Peserta didik bersama kelompoknya dalam diskusi kelas mempresentasikan nuwou lepuk.
-  Dalam diskusi kelompok/ kelas, siswa menjelaskan dan memberi contoh keterkaitan isi wacana jama kehughikko nyata.
-  Dengan dipandu pendidik,peserta didik menyusun simpulan hasil diskusi kelas tentang nuwou lepuk

-  memberikan pujian dan penghargaan pada kelompok terbaik.


Kegiatan Penutup

-     Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung
-     Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
-     Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 08 Juni 2021 - Kelas 7 & 8

  ASSALAMUALAIKUM Wr Wb   Mata Pelajaran : Bahasa Lampung   Nama saya Enny Afni   hari ini Selasa 08 Mei 2021 Selamat pagi an...