TEMA : Memidoghan
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
- siswa nimbal sapaan guru atau sebalikni
- perwakilan siswa nyiapko di lom bahasa
lampung atau mimpin du’a
memusatkan
perhatian siswa
- guru nayangko gambar teka-teki dalam bentuk kata benda dan kata
kerja
|
3 menit
2 menit
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasi teks dan pembahasan
Observasi
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi data/ menalar
Mengomunikasi
Reward
|
- menyampaikan scenario /langkah-langkah
pembelajaran
(secara kelompok,
membaca, menuliskan kata sulit)
menanyakan, menyusun
teteduhan/saganing)
- siswa mengidentifikasi contoh teteduhan/saganing
- siswa menanya arti kata dengan sesama teman atau guru
- siswa menyusun contoh teteduhan /saganing
- siswa berlatih memperagakan sekiman/
teteduhan/ saganing yang telah mereka susun
- siswa memperagakan sekiman/
teteduhan/ saganing yang telah mereka susun
- Guru memberi tanggapan dari hasil
kerja siswa dan penampilan siswa
- guru ngilu perwakilan kelompok ngeni tanggapan
jama penampilan teteduhan/ saganing
- membuat kesimpulan tentang teteduhan/ saganing
|
5 menit
10 menit
5 menit
10 menit
10 menit
5 menit
15 menit
3 menit
2 menit
|
Kegiatan Penutup
|
|
- guru dan siswa mereview hasil pembelajaran
- guru memberikan pujian atau aplus untuk
penampilan proses pembelajaran
- siswa menjawab pertanyaan tentang kaidah membuat teka-teki,
dan manfaat teka-teki
|
1 menit
1 menit
3 menit
2x 20 menit
|
I. Penilaian
1.
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
instrumen
|
Sikap
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes unjuk kerja/penampilan
|
Tes penilaian penampilan
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2. Instrument
a.
Lembar pengamatan sikap
1. Perilaku ilmiah
Nama
siswa : ……………………………………………………………..
Nomor
absen : ……………………………………………………………..
Kelas : ……………………………………………………………..
No.
|
ASPEK
SIKAP
|
HASIL
PENGAMATAN
|
|||
Sering
Terlihat
|
Terlihat
|
Kurang
Terlihat
|
Tidak
Terlihat
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Disiplin
|
|
|||
-Hadir tepat waktu
|
|
|
|
|
|
-Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sopan santun
|
|
|
|
|
-memberi salam, menyapa dengan santun
dengan bahsa lampung
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kerjasama
|
|
|||
|
-Aktif dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
-Diskusi dengan teman
|
|
|
|
|
4.
|
Kritis
|
|
|||
|
-Spontan Bertanya
|
|
|
|
|
|
-Aktif bertanya
|
|
|
|
|
5.
|
Rasa ingin tahu
|
|
|||
- Selalu bertanya
|
|
|
|
|
|
-Antusias dalam kegiatan kelompok
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar